Pages

Sabtu, 24 Maret 2012

ANALISIS 6M - Mata Kuliah AKK

PROGRAM PERBAIKAN GIZI
UNTUK PENANGGULANGAN GIZI BURUK

NO.
6M
ANALISIS
1.
MAN
MAN adalah sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam penanggulangan masalah kesehatan di puskesmas atau posyandu. Berdasarkan program perbaikan gizi diatas, sumber daya manusia  yang dibutuhkan dalam melaksanakan program
tersebut yaitu petugas kesehatan dan masyarakat itu sendiri. Petugas pelayanan kesehatan, dalam hal ini agar kualitas pelayanan gizi meningkat, maka diharapkan para petugas kesehatan (ahli gizi, dokter, analis,dll) dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan standar. Kemudian masyarakat juga dibutuhkan dalam penanggulangan masalah ini dengan meningkatkan kemandirian dengan fokus keluarga mandiri yang sadar gizi dengan harapan dan lebih mengenal dan mencari pemecahan masalah yang dihadapi. Jadi apabila suatu program kesehatan sudah memiliki sumber daya manusia yang memadai dan dibekali dengan kemampuan yang sesuai maka program itu akan berjalan dengan baik.

2.
MONEY
MONEY, merupakan unsur pembiayaan atau anggaran di Puskesmas atau Posyandu. Unsur pembiayaan atau anggaran dari program diatas diperoleh dari APBN/APBD. Jadi suaru program atau perencanaan harus didukung dengan biaya yang cukup.
3.
MATERIAL
MATERIALS, merupakan prasarana kesehatan atau bahan-bahan yang digunakan untuk pelayanan seperti : alat-alat kesehatan , alat-alat laboratorium kesehatan sederhana, materi penyuluhan kesehatan , buku-buku petunjuk . Karena betapapun kita memiliki kemampuan yang memadai untuk melakukan sesuatu tetapi tidak didukung oleh peralatan yang dimaksud tidak dapat berbuat apa-apa.
4.
MACHINE
MACHINES, merupakan sarana kesehatan yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi. Untuk melakukan semua program yang telah direncanakan diperlukan tempat untuk menjalankannya karena dengan kesiapan tempat dapat memudahkan penanganannya secara serius. Seperti program diatas yang menggunakan  Puskesmas dan Laboratorium serta Mobil Puskesmas Keliling sebagai sarana penunjang.  Karena dengan kemampuan yang dimiliki dan uang yang cukup serta material yang memadai tetapi tidak ada ruang atau tempat untuk melakukan aktivitas atau program tersebut maka suatu program tidak dapat berjalan.
5.
METHODE
METHODE, merupakan cara-cara yang dijalankan atau dilaksanakan oleh Puskesmas atau Posyandu untuk mencapai tujuan organisasi atau misi yang ingin dicapai. Berdasarkan program diatas metode atau cara yang digunakan untuk menanggulangi masalah kesehatan adalah dengan melakukan pemberdayaan keluarga dibidang kesehatan dan gizi, pemberdayaan masyarakat di bidang gizi, pemberdayaan petugas kesehatan dan subsidi langsung (dalam bentuk paket dana untuk pembelian makanan tambahan dan penyuluhan kepada balita gizi buruk dan ibu hamil). Karena tanpa metode yang tepat program tidak tercapai, biaya hilang begitu saja,  sarana dan prasarana yang tersedia terkesan mubazir sehingga tidak dapat mengatasi masalah kesehatan.
6.
MARKET
MARKET, merupakan sasaran / pasar yang akan diberikan pelayanan. Berdasarkan program perbaikan gizi diatas sasarannya adalah wanita usia subur, dewasa, ibu hamil, bayi baru lahir, balita dan anak sekolah. Karena saat ini masalah yang timbul akibat asupan gizi yang kurang seperti berat bayi lahir rendah, gizi kurang pada balita,  sehingga mempengaruhi pertumbuhan, betitu juga dengan wanita usia subur dan ibu hamil yang bertujuan untuk peningkatan kesehatan ibu dan anak.

oleh :
Nama     : Hafizha Muliani
Stambuk : F1D2 11 045
Kelas      : A
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Haluoleo
jkjjh

1 komentar: