Pages

Selasa, 30 Oktober 2012

MITOS ?

Assalamualaikum wr.wb
Sudah lama juga saya tidak ngeblog lagi setelah masuk tahun ajaran baru, oh iya langsung saja, kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang gizi, kebetulan pada semester 3 ini, ada mata kuliah ekologi pangan dan gizi, dimana banyak pengetahuan yang tidak saya ketahui sebelumnya dan sekarang sy sudah tau. 

Semua pasti sudah pernah mendengar kata mitos, apa sih mitos itu ?
Mitos adalah suatu kepercayaan atau anggapan yang sudah dipercayai sejak dulu secara turun-temurun dari nenek moyang, tetapi sebagian dari mitos itu ada yang tidak benar. Nah mitos yang akan sya bahas disini bukan mitos-mitos yang menyeramkan, akan tetapi yang akan saya jelaskan sedikit mengenai mitos yang beredar dimasyarakat khususnya makanan dan hubungannya dengan kesehatan.
Saat ini masih cukup banyak mitos-mitos yang beredar dimasyarakat, apalagi mitos atau kepercayaan terhadap larangan-larangan pada makanan, kebanyakan larangan-larangan pada makanan banyak terdapat pada ibu hamil. Misalnya
  • Larangan untuk memakan ikan, ini yakini kelak ketika melahirkan akan bau amis. Ini jelas sangat keliru, karena ikan itu mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dan ada omega3nya sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.
  • Larangan untuk makan pisang dempet nanti anaknya kembar siam.
    Ini tidak ada hubungannya. Justru mengkonsumsi buah pisang sangat dianjurkan karena semua kandungan dalam pisang mempunyai manfaat bagi kesehatan, apalagi bagi ibu hamil karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan dan dapat meningkatkan daya ingat.
    Dan masih banyak lagi mitos-mitos pada makanan yang tidak sesuai.  

Jadi, kita sebagai masyarakat harus bisa menyaring mana yang baik untuk kesehatan dan mana yang justru dapat berpengaruh buruk pada kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar