Pages

Sabtu, 25 Mei 2013

Tuberculosis, berbahaya???

Tuberculosis adalah penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri TB dapat ditularkan melalui droplet pada saat bersin, berbicara, dan batuk khususnya penderita TB dengan BTA posistif. Jadi apabila ada orang yang sudah terinfeksi bakteri TB atau penderita otomatis walaupun hanya berbicara, maka dengan sangat mudah menularkan pada orang lain. ini diasumsikan bahwa penderita ini dapat menginfeksi 10 sampai 15 orang. Akan tetapi ada jenis dari penyakit TB yang tidak menular yaitu TB ekstra paru. TB ekstra paru adalah penyakit yang menyerang organ tubuh yang lain selain paru-paru seperti tulang. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit TB Paru diantaranya sering mengalami demam dan berlangsung lama, keringat pada malam hari tanpa melakukan aktivitas, turunnya bebar badan dan kurangnya nafsu makan, batuk lebih dari 3 minggu dan disertai darah.

Penyakit TB Paru yang merupakan penyakit menular yang saat ini insidennya masih cukup tinggi. Hal disebabkan oleh banyak faktor yaitu faktor kepadatan penduduk, semakin padat penduduk maka perpindahan penyakit melalui udara akan semakin mudah dan cepat. Selain itu kurangnya pertukaran udara karena tidak adanya ventilasi dan tingkat kelembaban (kondisi tempat tinggal yang lembab akan menjadi tempat yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya bakteri).

Selain itu kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan bahaya TB masih sangat rendah, dimana banyak masyarakat yang masih saja menganggap batuk yang diderta hanyalah batuk biasa, padahal bisa saja batuk yang diderita adalah salah satu gejala TB Paru. Oleh karena itu mulai dari sekarang kita harus membiasakan hidup bersih dan sehat sehingga tidak mudah terserang oleh bakteri tersebut karena PREVENTION IS BETTER THAN CURE, apabila ada orang disekitar kita ada yang menunjukkan gejala TB maka sesegera mungkin rujuk kerumah sakit untuk segera mendapatkan perawatan kesehatan karena apabila dibiarkan tidak tidak hanya memperparah penyakitnya tetapi juga akan membahayakan orang lain. Together we can STOP TB. Ayoo putuskan rantai penularannya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar